Jumat, 20 Maret 2015

Hasil Lengkap Drawing Babak Perempat Final UEFA Champions League 2014/2015.

Nyon, Swiss - Babak 16 besar UEFA Champions League sudah selesai. 8 tim tersisa sudah memesan tempat untuk bertarung di babak perempat final. Berikut tim-tim yang lolos ke babak perempat final:

1. Real Madrid
Real Madrid menjadi tim pertama yang memesan tempat di babak perempat final setelah menyingkirkan Schalke 04 dengan skor agregat 5-4. Di pertemuan pertama, Real Madrid sukses mempecundangi Schalke 04 kala bermain di Veltins Arena dengan skor 0-2. Gol dicetak oleh Cristiano Ronaldo, serta Marcelo. 

Real Madrid sempat dikagetkan dengan kekalahan 3-4 dari Schalke. Sebetulnya Schalke hanya butuh satu gol lagi untuk menyingkirkan Madrid. Dan, Real Madrid pun lolos dengan berdarah-darah

2. FC Porto

FC Porto berhasil melenggang ke perempat final setelah mengalahkan FC Basel dengan skor agregat cukup telak, 5-1. Di pertemuan pertama kedua tim bermain imbang. FC Basel unggul terlebih dahulu oleh gol Derlis Gonzales yang dibalas penalti Danilo. Dan di pertemuan kedua, Porto unggul telak atas tamunya, 4-0. Gol-gol Porto dicetak oleh Yacine Brahimi, Casemiro, Hector Herrera, dan Vincent Aboubakar.

3. AS Monaco

Kejutan hadir dari Monako. AS Monaco -yang kurang diperhitungkan- berhasil melaju ke perempat final pertama sejak musim 2003/2004. Tim besutan Leonardo Jardim sukses menjungkalkan Arsenal dengan agregat 3-3 dan unggul gol tandang. Di Emirates Stadium, Ricardo Carvalho dkk. sukses mempermalukan Arsenal dengan skor 3-1, meskipun The Gooners berhasil membalas 0-2 di pertemuan kedua, namun dua gol tidak cukup untuk mendapatkan tempat di perempat final.

4. Atletico Madrid

Finalis musim lalu, Atletico Madrid dengan susah payah mengalahkan wakil Bundesliga, Bayer Leverkusen lewat adu penalti. Atletico kalah 0-1 di pertemuan pertama dengan gol dari Hakan Calhanoglu, berhasil membalas satu gol dari Mario Suarez. Pertandingan pun dilanjutkan hingga ke babak tambahan, dan adu penalti. Fernando Torres, Antoine Griezmann dan Mario Suarez sukses melakukan tugasnya, sementara Koke dan Raul Garcia gagal. Namun, sial bagi Bayer, tendangan penalti Stefan Kiessling meleset ke atas mistar gawang. Jan Oblak, kiper kedua Atletico, juga jadi pahlawan kala menghalau tendangan Omer Toprak dan Hakan Calhanoglu. 

5. Juventus

Juventus tampil garang di babak ini. Anak asuh Massimiliano Allegri berhasil menjungkalkan Borussia Dortmund dengan agregat mencolok, 5-1. Di pertemuan pertama, di stadion Juventus, I Bianconeri menang 2-1. Gol Juve dicetak oleh Carlos Tevez dan Alvaro Morata, sementara Die Borussen hanya bisa membalas lewat gol Marco Reus. Sementara, di Westfalenstadion, Dortmund yang digadang-gadang bakal menang malah terpuruk. Dortmund kalah 0-3 dimana gol dicetak oleh orang yang sama, Tevez mencetak 2 gol dan Morata 1 gol.

6. FC Barcelona

Barcelona berhasil melenggang ke babak perempat final setelah mengatasi perlawanan Manchester City dengan agregat 3-1. Blaugrana berhasil mencuri 2 gol pada lawatannya ke Etihad Stadium, yang mana keduanya diborong oleh Luis Suarez. Sementara City hanya mampu memperkecil ketertinggalan lewat Sergio Aguero. Di pertemuan kedua, Barcelona hanya mampu menambah satu gol lewat sepakan chip Ivan Rakitic.  

7. FC Bayern Munchen

Bayern Munchen berhasil melaju dengan mudah ke babak perempat final dengan agregat yang -mungkin biasa bagi Munchen- besar, 7-0 melawan Shaktar Donetsk. Di pertemuan pertama di Lviv Arena, Shaktar berhasil menahan imbang Bayern 0-0. Sementara di Allianz Arena, Shaktar dihajar habis 7-0 lewat gol-gol Thomas Muller (2 gol), Robert Lewandowski, Franck Ribery, Mario Gotze, Jerome Boateng dan Holger Badstuber.

8. Paris Saint-German

Paris Saint-German berhasil membalaskan dendamnya terhadap Chelsea yang menyingkirkan mereka di babak perempat final musim lalu. Di pertemuan pertama di Parc De Princes, PSG menahan Chelsea 1-1. Sempat tertinggal lebih dulu oleh gol Branislav Ivanovic, Les Parisiens bisa membalas lewat gol Edinson Cavani. Sementara di pertemuan kedua, Chelsea disingkirkan PSG dengan skor 2-2 lewat gol-gol David Luiz dan Thiago Silva, dan Chelsea mencetak gol dari Gary Cahill dan Eden Hazard. Dengan peraturan gol tandang, anak asuh Laurent Blanc lolos dengan aturan gol tandang, 3-3.

Undian babak perempat final bersifat bebas. Artinya, tim apa saja bisa saling bertemu. Misalnya, Real Madrid bisa bertemu Barcelona, Atau PSG berhadapan dengan AS Monaco yang semuanya satu negara. Berikut hasil drawing babak perempat final yang berakhir petang tadi:

Paris Saint-German vs FC Barcelona
Atletico de Madrid vs Real Madrid CF
FC Porto vs FC Bayern Munchen
Juventus vs AS Monaco

*klub di sebelah kiri adalah tuan rumah pada pertemuan pertama. Pertemuan pertama berlangsung 14/15 April 2015, sedangkan pertemuan kedua berlangsung 21-22 April 2015.

Jika dilihat secara sekilas, maka partai yang tentu paling menarik adalah duel sesama finalis musim lalu antara Atletico Madrid melawan Real Madrid. Hasil drawing yang kurang menguntungkan Real Madrid karena selama musim ini, Real Madrid belum pernah menang melawan Los Colchoneros musim ini. Di Piala Super Spanyol, mereka takluk 2-1 (agregat), Di Copa Del Rey, Atletico memupus harapan Real Madrid dengan skor 4-2 (agregat). Sementara di La Liga, mereka pernah dipecundangi 0-1 dan 0-4. Sanggupkah El Real mengalahkan Atletico kali ini?

PSG dan Barcelona kembali dipertemukan setelah bermain bersama di grup G. PSG tidak bisa tampil dengan Zlatan Ibrahimovic di pertemuan pertama setelah terganjar kartu merah kala melawan Chelsea.

Porto akan menantang keperkasaan Bayern Munich, yang sukses memborong 7 gol dari gawang Shaktar. Mampukah Porto bertahan? Atau jadi bulan-bulanan Die Roten?

Juventus akan berhadapan dengan AS Monaco. Sebuah drawing yang cukup seimbang, mengingat Monaco berhasil menghempaskan Arsenal di London dan Juve berhasil menjungkalkan Dortmund di Westfalenstadion.

Delapan tim ini akan dikerucutkan menjadi empat tim yang akan berlaga di semifinal. Siapa yang akan bertahan, dan siapa pula yang akan angkat kaki? Kita tunggu saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar